Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menikmati Lezatnya Bebek Bu Sie Lamno Aceh Jaya

Halo rekan-rekan kali ini saya akan membahas kembali kuliner khas Aceh yang layak Anda coba.

Kali ini saya akan membahas menu kari bebek (itik) Bu Sie Itek Lamno - Teumareum, Indra Jaya - Provinsi Aceh. 

Menu Bebek Bu Sie
Jika rekan-rekan berada di Banda Aceh untuk menjangkau tempat ini menghabiskan waktu 1 jam 40 menit atau sekitar 81 km.

Namun jika posisi rekan-rekan berada di Meulaboh untuk menuju ke tempat ini lebih jauh yaitu sekitar 2 jam 30 menit atau 154 km.


Menu khas dari rumah makan Bu Sie ini yaitu kari bebek. Kalau ditelusuri lebih dalam sebetulnya bebek disini adalah berbahan baku itik bukan entok.

Memang jika beda itik dan entok adalah, itik pada umumnya diternakan untuk petelur (kususnya untuk telur asin). Namun itik dewasa bisa di konsumsi juga daginnya seperti rumah makan ini.

Sebetulnya lebih mantap lagi kalau bahan bakunya dari entok. Entok memiliki daging yang lebih besar, seratnya lebih tebal, dagingnya merah. 

Daging itik aromanya kadang dipengaruhi oleh pakan yang ia makan. Jika banyak memakan pelet atau keong cenderung dagingnya lebih amis. 

Lain halnya dengan entok, dagingnya tidak amis seperti daging itik. Sebetulnya daging entok menurut saya lebih enak loh.

Kembali ke menu rumah makan Bu Sie ini, rekan-rekan juga bisa memilih menu lain seperti goreng ayam dan ikan bakar.

Menu itik / bebeknya rasanya enak loh. Hal yang unik dari menu ini karena bumbunya khas (terasa banget rempah-rempahnya).

Selain itu bebek yang disajikan strukturnya empuk sekali. Bebek ini mudah sekali untuk dikonsumsi, dagingnya sangat empuk, mudah terpisah dari tulangnya.

Tidak lengkap rasanya kalau bebek/itik ini tidak ditemani dengan jus mangga atau jus jeruk. Bebek beserta jus harganya pun masih terjangkau yaitu sekitar Rp. 30.000 - 40.000 per porsi.

Lokasi rumah makan ini mudah dijangkau karena berada tepat di jalur lintas Banda Aceh - Meulaboh. Tepatnya di sebelah kanan dari Banda Aceh menuju Kota Meulaboh.

Namun jangan dibayangkan lokasinya seperti rumah makan mewah, tempat ini seperti rumah makan pada umumnya di jalur lintas.


Tempat makannya berupa meja dan balai-balai kayu. Namun tempatnya luas dapat menampung sekitar 100 orang pelanggan. 

Lokasi parkirnya sangat luas, di depan dan samping rumah makan ini dapat menampung sekitar 5-10 mobil kecil dan 2-3 mobil ukuran besar (jenis truk). Kendaraan rekan-rekan bakalan aman parkirnya disini.

Selain itu tempat ini pun posisinya berada di tengah-tengah antara Banda Aceh menuju Meulaboh. Jika renak-rekan sudah mulai cape atau ngantuk, bisa beristirahat di lokasi ini sambil menikmati bebek khas nya.

Post a Comment for "Menikmati Lezatnya Bebek Bu Sie Lamno Aceh Jaya"