Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Adee Kue Unik Khas Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh

Saya menemukan lagi kuliner Khas Aceh yang rasanya enak dan khas. Namanya Kue Adee yang berasal dari Meureudu - Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh.

Kua Adee yang paling terkenal di Aceh adalah Kue Adee Kak Nah, lokasi tempat jualannya tepat di pinggir jalan raya Kabupaten Pidie Jaya.

Kue Adee Kak Nah, sumber: citrarahman
Sangat mudah ditemukan karena berada satu deret sekitar 5 kios. Tempat ini juga merupakan tempat pemberhentian Bus Aceh atau mobil travel yang melintas dari Medan - Banda Aceh.

Kue Adee ini merupakan salah satu dari sekian banyak kuliner Aceh yang dapat dijadikan oleh-oleh khasnya  untuk sanak keluarga yang berada di luar Aceh.


Penampakannya sekilas kurang begitu menarik, apalagi posisi kue masih berada di dalam loyang panggang. Seperti kue gosong, warnanya coklat agak kehitamn.

Kua ini sebelum di jual, biasanya masih dipajang dalam loyang-loyang tempat dimasaknya. Jika ada pembeli kue ini baru dipindahkan ke kotak atau plasting sesuai dengan keinginan pembeli.

Sebelum di potong bentuknya bulat dengan ukuran sedang dan besar. Kue Adee ukuran sedang diameternya sekitar 15 cm, sedangkan kue ukuran besar diamternya sekitar 20 cm.

Harga kue ini sangat terjangkau, ukurang sedang harganya sekitar Rp. 20.000 per pcs. Sedangkan ukuran besar harganya sekitar Rp. 30.000 per pcs.

Setelah dipotong Kue Adee akan lebih menarik, karena akan terlihat bagian dalamnya yang kuning kehijauan. Pada umumnya Kue Adee akan dipotong dengan bentuk persegi empat atau kerucut.

Kue Adee banyak disajikan pada acara pesta atau ritual lainnya yang melibatkan orang banyak. Ngomong-ngomong Kue Adee ini merupakan makanan khas India loh.

Kue Adee yang siap disantap
Rasanya manis, namun tidak semanis kue Aceh pada umumnya yang sangat manis. Hal yang unik dari Kue Adee ini adalah bahannya yang menggunakan bawang bombay.


Unik bukan rasanya manis tapi ada wangi plus rasa bawangnya. Pada umumnya bawan kan digunakan untuk makanan yang asin.

Bawang bombay biasanya ditabur di permukaan Kue Adee, namun sudah tersamar karena permukaan kue ini cenderung coklat kehitaman karena mateng banget.

Setelah di icip-icip enak juga, apalagi saya yang suka makan. Kuenya sangat lembut dan khas banget dech rasanya.

Buat rekan-rekan saat berkunjung ke Aceh, jangan lupa beli kue Adee nya ya!

Post a Comment for "Adee Kue Unik Khas Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh"

Berlangganan