Menikmati Menu "Memek" Aceh Yang Bikin Ketagihan

Kuliner Aceh memang tidak habis-habisnya untuk kita nikmati. Kali ini saya menikmati menu tradisional yaitu "Memek".

Memek (heheh jangan berpikir kotor)...sebetulnya Memek ini nama lainnya adalah Pengat. Makanan ini terbuat dari ketan, pisang, buah nangka, santan, ubi jalar, dan serikaya.

Memek sendiri sebetulnya makanan khas dari daerah Simeulue, namun makanan ini berkembang di daerah Aceh daratan salah satunya di Aceh Besar.

Menu Memek
Memek sendiri mengalami adaptasi baik dari penyajian dan bahan-bahan yang disajikan. Namun jika rekan-rekan ingin mencicipi makanan yang aslinya tentunya "Memek" dari Simeulue.

Memek banyak disajikan di Aceh pada saat Maulid Nabi Muhammad SAW atau hari besar lainnya seperti pernikahan, Idul Fitri, Idul Adha, atau hari-hari besar lainnya.

Memek disajikan terpisah antara kuah, ketan, dan serikaya nya. Kita dapat menikmatinnya setelah makan, menu ini sebagai hidangan cuci mulut.

Untuk menyantap menu ini, kita harus ambil kuah yang berisi santan manis, pisang, nangka, dan ubi jalar. Kemudian kita masukan nasi ketannya ke dalam kuah tersebut. Agar menambah rasa nikmatnya langkah terakhir yaitu menambahkan serikaya agar menambah cita rasa dan aroma.

Semua menu yang kita ambil kita campurkan, termasuk nasi ketannya dihancurkan atau dipotong-potong sehingga santan dan buah-buahan lainnya bercampur.

Hmmm menu ini siap disantap, rasanya enak benget manis (manis banget...nis...nis...niss). Kemudian rasanya khas karena campuran buah dan umbi-umbian tersebut.

Memek banyak ditemukan di wilayah Aceh khususnya Simeulue, Aceh Besar, Banda Aceh dan wilayah sekitar Pidie.

Untuk mendapatkan atau sekedar mencicipi menu ini rekan-rekan dapat menghadiri kegiatan besar masyarakat Aceh karena menu ini jarang disajikan atau diperjual-belikan sehari-hari loh.

Memek menjadi salah satu kuliner favorit di Aceh yang dapat rekan-rekan nikmati saat berkunjung ke Provinsi Aceh. Selain rasanya enak, Memek juga merupakan kearifan lokal yang perlu kita lestarikan.

#memek #kulinerkhasaceh

0 Response to "Menikmati Menu "Memek" Aceh Yang Bikin Ketagihan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel