Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sanger Minuman Khas Aceh yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Kalau Anda datang ke Propinsi Aceh jangan sekali-kali melewatkan salah satu minuman yang khas yaitu "Sanger".

Sanger adalah Kopi Aceh yang dicampur dengan susu. Apa bedanya dengan kopi susu yang sering kita temukan di mana pun?

Sanger Panas, google.com

Jelas beda, baik dari rasa maupun kadar campuran kopi dan susunya. Rasa sanger enak banget, rasa kopinya masih mendominasi kira-kira 60-70%, sedangkan susunya hanya 30-40%.

Sanger cenderung encer jika dibandingkan dengan kopi susu pada umumnya. Kopi susu pada umumnya terasa susunya daripada kopinya.

Pada umumnya para pembuat Kopi Sanger menggunakan air mendidih langsung dari kompor yang terus-menerus menyala selama kedai / cafe tersebut beroperasi.

Cara pembuatan kopinya pun menggunakan cara khas Aceh yaitu disaring. Bocorannya kopi terbaik akan kita dapat ketika air yang digunakan pada tarikan ke lima.

Sebetulnya pengolahan kopi Sanger ini pun bisa menggunakan mesin, namun lebih terasa khas rasanya ketika dibuat menggunakan cara tradisional (disaring).

Sanger merupakan menu wajib di kedai kopi, cafe, atau coffe shop yang ada di Aceh. Mulai dari kedai kopi tradisional, sampai dengan coffe shop yang modern dan kekinian.

Jika Anda ingin memesan Sanger, dijamin setiap kedai kopi yang Anda temukan di Aceh dapat menyediakan pesanan Anda. Soal rasa pada umumnya mirip, tergantung bahan kopi, susu, dan keahlian baristanya dalam mengolah kopi.

Kopi Arabika atau Robusta otomatis akan berpengarus kepada rasa. Susu murni, kalengan, atau kremer juga akan berpengaruh. Barista mengolahnya dengan menyaring atau mesin pun otomatis berpengaruh.

Mengapa Sanger menjadi menu paling laris di berbagai kedai kopi di Aceh? Karena sanger dapat dikonsumsi oleh siapapun, termasuk oleh anak-anak, perempuan, atau penikmat kopi pemula.

Sanger Dingin, google.com

Rasanya yang enak (terbaik di dunia...heheh...lebay), kadar kopinya tidak berat, rasa susunya masih cukup terasa, air kopinya tidak kental dan dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin.

Kapan enaknya mengkonsumsi Sanger? Kapan aja enak kok, tergantung jenis Sanger itu sendiri. Kalau Sanger panas, cocoknya dikonsumsi pada malam hari atau kondisi cuaca mendung/dingin.

Sanger dingin cocoknya dikonsumsi pada saat makan siang atau kondisi Anda membutuhkan minuman dingin. Tapi bagi Anda dengan selera tertentu panas atau dingin, kapanpun dapat memesannya.

Walaupun di Aceh banyak sekali kedai kopi yang menjual Sanger, Sanger yang recomended untuk Anda dapat dicoba di Kedai Kopi Beuraweh - Lokasinya berada di dekat Hermes Mall - Jl. K. Saman Kota Banda Aceh.

Jika Anda malas keluar rumah atau hotel, di Banda Aceh sudah ada Go-Jek kok. Kapanpun Anda mau tanpa harus ke luar rumah, bisa mendapatkannya.

Kedai kopi di Aceh pada umumnya buka mulai pagi jam 07.00 - 24.00 WIB. Khusus pada bulan Ramadhan kedai kopi di Aceh bukanya ba'da Shalat Isa sampai Imsak. Anda tidak usah khawatir kehabisan Sanger yang diinginkan.

Nunggu apa lagi? ayo nikmati Sanger salah satu minuman terbaik yang dimiliki oleh masyarakat  Aceh.  Selamat menikmati!

1 comment for "Sanger Minuman Khas Aceh yang Tidak Boleh Anda Lewatkan"

Berlangganan