Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cukup 3 Juta Anda Bisa Jalan-Jalan ke Penang, Malaysia

Budget 3 juta apakah bisa liburan ke luar negeri? Jawabannya bisa, kalau posisi Anda berada di Kota Medan. Liburan ke mana? Anda bisa memilih liburan ke Malaysia yaitu Penang atau Kuala Lumpur, sedangkan ke negara lain seperti Singapura dan Thailand biayanya lebih mahal dibandingkan dengan destinasi tersebut.

Alokasi Budget

Budget 3 juta itu alokasi untuk apa saja? Untuk perjalanan selama 2 hari 1 malam PP (pulang pergi), sama belanja oleh-oleh tertentu. Saya ambil contoh jalan-jalan ke Penang, dengan taksiran harga rata-ratanya:

  • Biaya paspor : Rp 355.000,-
  • Biaya ke bandara PP : Rp. 300.000,-
  • Biaya pesawat PP : Rp. 800.000,-
  • Biaya hotel 1 malam: Rp. 600.000,-
  • Biaya transportasi : Rp. 200.000,- 
  • Makan & oleh-oleh: Rp. 745.000,-
Komplek Georgetown Penang
Biaya tersebut dihitung jika Anda belum memiliki paspor dan berangkat sendiri. Lain halnya jika Anda sudah memiliki paspor dan berangkat bersama rombongan, biayanya akan lebih hemat karena jenis paket yang ditawarkan dan bisa memilih sharing kamar hotel (memilih tipe kamar family room, yang dapat diisi oleh 2-4 orang per kamar).

Memilih Tiket Pesawat

Pastikan kita mempersiapkan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. 2-3 bulan sebelum keberangkatan adalah waktu ideal untuk memilih maskapai dan diskon tiket keberangkatan. Semakin dekat dengan waktu keberangkatan kita akan semakin sulit untuk memilih tanggal dan diskon yang paling efektif.

Weekend atau hari libur nasional sangat berpengaruh terhadap harga dan tiket yang tersedia. Maskapai yang paling sering memberikan diskon menarik adalah Air Asia, sedangkan maskapai lain cenderung memberikan harga yang standard.
Tiket Pesawat Traveloka
Selain dari maskapainya sendiri kita juga dapat memilih agen resmi yang menjual tiket pesawat tersebut. Agen yang paling umum kita gunakan dan memberikan diskon yang cukup menarik adalah Traveloka, Tiket.com, atau Tokopedia. Anda dapat membandingkan harga dari agen satu dengan agen yang lainnya agar mendapatkan harga yang cocok.

Diskon yang bagaimana sih yang paling bagus? Diskon yang paling menguntungkan konsumen adalah beli satu gratis satu! Walaupun satu tiket itu lebih mahal dibandingkan dengan harga normal namun perjalanan PP (pulang-pergi) kita sudah ter-cover. Pastinya diskon seperti ini sangat ditunggu tapi jarang dikeluarkan oleh maskapai atau agen penjualan.

Memilih Hotel

Anda berlibur untuk menginap atau jalan-jalan? Itu pertanyaan yang harus dijawab jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Jika budget Anda terbatas, tujuan liburan ke luar negeri itu sebaiknya untuk jalan-jalan, tidur enak/menginap di hotel mewah kita abaikan.

Kita dapat berhemat dengan memilih hotel bintang 3 dengan fasilitas yang cukup baik atau sekalian kita memilih Airbnb. Kenapa tidak memilih hotel yang bagus & nyaman sekalian? Hotel ini akan terpakai beberapa jam saja saat kita pulang setelah jalan-jalan, kita dapat menghemat budget-nya untuk alokasi yang lain seperti kuliner atau membeli oleh-olehnya.
Glow Hotel Penang
Berdasarkan pengalaman kemarin saat jalan-jalan bersama rombongan, kami memilih Hotel Glow Penang. Hotel bintang 3 yang menawarkan fasilitas cukup baik, khususnya untuk tipe kamar Family Room (dapat dipakai 4 orang). Harga hotel ini berkisar Rp. 500.000 - 650.000 per malam (1 Ringgit = 3.500 Rupiah).

Posisi hotelnya dekat dengan pusat kota, kita bisa jalan kaki untuk mengunjungi destinasi tertentu di wilayah Georgetown Penang seperti The Top, Kota Tua (Penang Street Art), Wonder Food Museum, dan lain-lain.

Memilih Moda Transportasi

Di Penang kita dapat menggunakan aplikasi Grab Car. Secara otomatis Aplikasi Grab Car akan menyesuaikan dengan negara tersebut. Kita dapat memesan mobil online seperti halnya di Indonesia untuk mengunjungi destinasi yang diinginkan. 
Grab Car Malaysia
Anda bisa langsung memilih jenis mobil yang diinginkan, apakah 4 kursi atau 6 kursi. Untuk taripnya sendiri akan menyesuaikan dengan posisi jauh-dekatnya lokasi yang kita tuju. Jarak di Penang itu pada umumnya dekat-dekat seperti di Batam, rata-rata kita mengeluarkan biaya Rp. 5-10 ringgit (setara dengan Rp. 20.000 - 35.000 - jika 1 Ringgit = Rp. 3.500,-).

Komunikasi dengan para driver pun cukup gampang, pada umumnya mereka menguasai tiga bahasa yaitu Malaysia, Inggris, dan Mandarin. Namun pada umumnya mereka menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan tamu dari luar. 

Komunikasi Seluler

Komunikasi sangat penting saat kita berlibur, baik untuk sesama traveller maupun untuk menjaga komunikasi dengan keluarga. Selain daripada itu salah satu bentuk aktualisasi diri untuk meng-update status ke sosial media.

Sebaiknya kita persiapkan paket roaming internasional - Asia (Singapura, Malaysia, Thailand). Kita dapat memilih paket kuota dan telepon sesuai dengan provider telepon masing-masing. Kita bisa memilih paket harian, 3 harian, mingguan, atau bulanan. 

Jika Anda berlibur 3 hari, pastinya cocok dengan paket roaming internasional yang 3 hari untuk kuota dan telepon. Pastikan diaktifkan terlebih dahulu sebelum keberangkatan, langkah-langkah yang dapat kita tempuh sesuai dengan provider yang kita miliki adalah sebagai berikut:

1. Telkomsel
  • Masuk ke menu My Telkomsel atau Situs Telkomsel
  • Pilih menu paket roaming internasional
  • Tunggu sampai ada sms konfirmasi masuk
  • Balas dengan mengetik "YA"
  • Pastikan roaming internasional aktif saat kita sampai tujuan
  • Pantau penggunaan kuota dan telepon, jangan sampai menggunakan pulsa biasa
Paket Roaming Malaysia, foto: Telkomsel
2. Indosat Ooredoo
  • Dari ponsel: tekan *122*1# atau Situs Indosat
  • Pilih paket roaming internasional yang diinginkan
  • Tunggu sampai ada sms konfirmasi
  • Balas dengan mengetik "YA"
  • Pastikan roaming internasional aktif saat kita sampai tujuan
  • Pantau penggunaan kuota dan telepon, jangan sampai menggunakan pulsa biasa
Paket Roaming Indosat, sumber: Indosat
3. XL
  • Dapat dilakukan dari myXL, atau ponsel: tekan *123*747# dan Situ myXL 
  • Pilih paket roaming internasional yang diinginkan
  • Tunggu sampai ada sms konfirmasi
  • Balas dengan mengetik "YA"
  • Pastikan roaming internasional aktif saat kita sampai tujuan
  • Pantau penggunaan kuota dan telepon, jangan sampai menggunakan pulsa biasa
Paket Roaming Internasional XL, sumber: XL
Jika Anda sudah berada di Penang - Malaysia otomatis kartu Anda akan berubah mengikuti provider di Penang itu sendiri. Jika Anda pengguna Telkomsel maka kartu Anda akan berubah menjadi Maxis.

Mengunjungi Destinasi Menarik

Penang atau kita kenal dengan Pulau Pinang merupakan negara bagian dari Malaysia, yang memiliki luas wilayah 293 Km persegi. Daerah ini terletak di Semenanjung Malaysia. Nama ini diambil dari Pohon Piang, dahulu kala di daerah ini terdapat banyak Pohon Pinang.

Pulau ini telah berusia 232 tahun, didirikan pada masa Pemerintah Inggris menguasai kepulauan Malaysia pada tahun 1786. Pulau Penang merupakan wilayah Negara Malaysia yang paling kaya diantara wilayah lainnya. 

Pulau Penang merupakan kepulauan kedua terkecil di Malaysia setelah Pulau Perlis. Penduduk yang mediami pulau ini dominan keturunan Tionghoa, Melayu, India, dan lain-lain. Penduduk muslim di Pulau Penang merupakan penduduk muslim yang paling sedikit dibandingkan dengan penduduk Malaysia lainnya. (sumber: Wikipedia).

Sebagai kota tua, Pulau Penang memiliki banyak sekali peninggalan kearipan lokal yang masih terjaga keutuhannya. Banyak sekali bangunan tua peninggalan Kerajaan Inggris yang masih terjaga dengan bik. 
City Hall Penang
Komplek Kota Tua Penang berada di komplek Georgetown Penang. Banyak sekali bangunan tua yang masih terawat dengan baik disini. Bangunan tua tersebut dapat dijadikan background foto lho untuk wisatawan.

Di tempat ini sangat banyak tempat untuk berfoto. Pada umumnya adalah bangunan yang tua, seni lukis di bangunan (street art), dan aneka dekorasi yang ada hampir di seluruh wilayah Georgetown Penang. Bagi traveller yang jalan sendiri memang harus membawa monopod (tongsis) atau tripod.


Selain daripada itu agar tidak kehilangan moment Anda harus membawa power bank atau ponsel cadangan untuk mengabadikan tempat-tempat yang instagramable




Setelah selesai berfoto cantik jangan lupa mampir ke Kapitan Keling Mosque yaitu mesjid yang didirikan oleh orang India Muslim, selesai di bangun pada tahun 1801. Sampai saat ini mesjid ini terawat dengan baik dan masih mempertahankan keasliannya yaitu perpaduan antara budaya Arab dengan India.


Alhamdulillah saya sendiri merasakan nyamannya melaksanakan shalat di mesjid yang sudah berusia 217 tahun ini. Arsitekturnya terbuka semua, tidak ada AC namun sirkulasi udara sangat baik sehingga udara tetap dingin. Saya yakin siapapun yang melaksanakan shalat di mesjid ini akan merasa tenang, khusuk, sejuk, dan nyaman.

Setelah berkeliling di Georgetown kita juga dapat mengunjungi Wonder Food Museum. Di sini Anda dapat melihat berbagai jenis makanan khas Malaysia dalam bentuk replika. Anda dapat berfoto mulai dari ala-ala Chef, sedang makan, atau gaya nyentrik lainnya.


Setelah puas melihat-lihat aneka jenis makanan khas Malaysia, kita dapat melanjutkan perjalanan untuk melihat pemandangan Pulau Penang dari ketinggian 248,7 m di atas permukaan laut, ya saat nya kita naik ke The Top - Penang.

Selain dapat melihat pemandangan seluruh Penang dari ketinggian, kita juga menguji keberuntungan melempar koin ke lonceng pelangi, duduk di kursi kebahagiaan, dan ngobrol-ngobrol cantik sambil minum kopi. 


Bahkan ada challenge lho yang sangat menantang yaitu slacklining (jalan di atas tali), bedanya kalau di sini kita jalan di luar gedung (bagian pinggir puncak The Top) dari satu ujung ke ujung lainnya. Selain itu kita juga ditantang untuk menginjakan satu kaki ti atas ujung / pinggir gedung. Ada yang berani? Aman kok, cuma urusan nyali aja...pastinya pihak penyelenggara sudah menyediakan alat safety untuk menjaga keselamatan pengunjung yang mengikuti tantangan.


Destinasi selanjutnya yaitu ke puncak bukit...Kali ini saya berkesempatan untuk mengunjungi Kek Lok Si Temple. Tempat ini merupakan vihara yang dianggap paling suci oleh orang Tionghoa Penang, arti dari Kek Lok Si (berasal dari Bahasa Hokkian Penang) yaitu "Vihara Kebahagiaan Tertinggi".

Tidak terasa waktu seharian sudah habis dipakai untuk keliling Kota Penang. Waktu sehari memang tidaklah cukup untuk menikmati seluruh destinasi yang ada di sana. Perkiraan saya jika berlibur dua hari seluruh Kota Penang dapat kita kunjungi.

Destinasi terakhir jika Anda mau shopping, Gurney Paragon Penang adalah pilihan yang tepat. Tempat ini menyediakan berbagai barang branded yang dapat Anda pilih. Harga yang ditawarkan di tempat ini cukup bervariasi, mulai dari harga yang sedang sampai dengan harga yang premium. Jika kita rajin untuk cari-cari ---- keliling-keliling counter, banyak sekali diskon yang ditawarkan mereka. Mungkin saja Anda mendapatkan harga yang miring.

Gurney Paragon Penang

Mencicipi Kuliner Penang

Setelah kita kunujungi tempat-tempat menarik selama liburan sehari, saatnya kita membahas mengenai kuliner yang pernah saya cicipi selama di sana. Penang sangat kaya akan kuliner khasnya, pada umumnya merupakan perpaduan tiga unsur rasa yang dominan yaitu khas China, Melayu, dan India. 

Kuliner China yang dominan yaitu aneka jenis mie dan makanan yang berbau sea food, sedangkan kuliner Melayu adalah penggunaan santan yang dominan, terasa manis/mengandung gula. Ciri khas dari India sendiri yaitu rasa atau aroma dari rempah-rempah seperti: Kayu Manis, Jintan, Ketumbar, dan Bawang Putih.

Laksa - menyediakan Es Cendol, Rujak, Mie, dan kopi khas Penang. Laksa berdiri sejak tahun 1936 saat pemerintahan Inggris menguasai Malaysia. Es Cendol laksa memang terasa enak, ciri khasnya yaitu cendol dicampur dengan kacang merah.

Cendol yang sama seperti ini dapat kita temukan di Medan mirip dengan Es Kacang Merah - Restoran Tip Top - Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 92 A-B, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Baru - Kota Medan Sumatra Utara. Restoran mulai dirintis sejak tahun 1929 dan beroperasi di Jl. Ahmad Yani pada tahun 1934.

Mie Laksa yang saya rasakan, seperti mie sea food. Mienya seperti terbuat dari bahan yang bercampur ikan atau cumi. Kenyal, sedikit licin, dan sudah pasti gurih. Berhubung saya kurang begitu menyukai aneka jenis mie, saya menilai makanan ini cukup enak.


Saatnya menikmati Nasi Kandar, nasi ini merupakan nasi khas Penang. Nasinya kurang lebih seperti nasi lemak (nasi yang dicampur dengan santan). Terlihat lebih berminyak, gurih, tebih tercium wangi santan dan bumbu Melayunya. 

Nasi Kandar 100% halal. Menu yang saya rasakan nikmat dari restoran ini adalah Gulai Kambingnya. Gurih, empuk, terasa rempah-rempahnya, dan air gulainya lebih kental. Rasa yang sama dapat kita temukan apabila Anda datang ke Aceh.

Kuliner selanjutnya yaitu mengunjungi Bee Hwa Cafe, tempat ini menawarkan kopi khas Penang. Selain itu makanan yang dapat kita santap disini adalah aneka menu mie, dan yang paling enak menurut saya adalah nasi goreng.


========

Di atas kita telah membahas mengenai tempat shopping barang-barang branded. Sebelum pulang Anda juga dapat membeli kopi khas Penang. Penang Coffee Tree, berbagai jenis kopi dan oleh-oleh bisa Anda dapatkan, mulai dari kopi, aneka jenis camilan, dan pakaian khas dari Pulau Penang.



============

Kesempatan emas saat saya menunjungi Penang adalah menyaksikan fistival keagamaan di sana. Saya sendiri belum sempat menanyakan ini perayaan agama dan namanya apa. Namun sekilas yang saya lihat seperti perayaan Cap Go Meh (Festival Yuanxiao atau Festival Shangyuan).


Acara ini membawa berbagai jenis miniatur dewa yang dipikul oleh minimal 4 pemuda, di arak keliling kota, setiap ada tempat ibadah yang mereka lewati, rombongan berhenti sejenak untuk menghormatinya. Festival ini pun diiringi oleh alunan musik khas China, sehingga suasananya riuh dan sangat ramai. Berdasarkan informasi rombongan ini akan menuju satu titik pertemuan dimana festival besarnya dilaksanakan. 

Demikianlah jejak kaki saya kali ini. Pastinya banyak lagi tempat-tempat seru dan menarik lainnya yang dapat Anda kunjungi. Selamat berlibur!

Post a Comment for "Cukup 3 Juta Anda Bisa Jalan-Jalan ke Penang, Malaysia"

Berlangganan