Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tarian Yang Paling Populer di Kalangan Masyarakat

www.garislengkung.com - Perkembangan teknologi dan informasi menyebabkan segala sesuatu mudah diakses dan disebarkan ke berbagai penjuru dunia. Mulai dari kota sampai dengan desa selama internet sudah masuk informasi tersebuk dapat diakses oleh siapapun. Globalisasi informasi dan teknologi ini menyebabkan segala sesuatu yang dianggap unik dan menarik akan menjadi viral.

Kali ini kita akan membahas mengenai tarian (dance) yang viral bahkan dijadikan challenge (tantangan) hampir di seluruh dunia mengetahui dan mempraktikannya. Mari kita mulai saja pembahasan kita:

1. Gangnam Style
Gangnam Style merupakan tarian yang dipopulerkan oleh penyanyi asal Korea Selatan yaitu Psy. Gangnam Style dipublikasikan pada tahun 2012 di Youtube. Tarian ini diperagakan seperti sedang mengendarai kuda, video klipnya yang lucu, diiringi musik yang menghentak membuat orang yang melihatnya ikut bergoyang.
Psy, sumber: www.thejakartapost.com
Awal mulaya Psy merupakan penyanyi K-Pop di Korea yang kurang terkenal dan disukai, namun karena video Youtubenya yang sangat viral segalanya berubah. Dulu dibenci kini diikuti. Video klip Gangnam Style ini ditonton hampir 2,8 miliar pengunjung merupakan pencapaian hasil yang luar biasa selama 5 tahun. Gerakan tari ini hampir diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa.

Psy sendiri sejak videonya viral, menjadi selebiti dunia yang manggung dari satu negara ke negara yang lain. Namun seiring perkembangan waktu, kondisi penggemar Psy-pun semakin menurun. Selain jenis musiknya yang cenderung monoton, audience juga menginginkan idola baru yang lebih fresh.

2. Harlem Shake
Harlem Shake dipopulerkan oleh DJ Bauer dari Amerika Serikat pada tahun 2013 satu tahun setelah viralnya Gangnam Style. Video ini menjadi viral karena keunikannya dance dengan menggunakan helm. Awalnya orang-orang terlihat begitu tenang, namun kemudian mereka sangat lincah mengikuti alunan musik DJ dengan membakai helm atau asesoris lainnya untuk menutup wajah mereka.
Harlem Shake, sumber: www.superboy.com
Dance ini digemari karena pelakunya bisa bersembunyi di balik helm atau topeng, sehingga orang yang melihatnya tidak mengetahui dengan pasti siapa yang dance tersebut. Dance ini dimainkan dengan ritme yang naik turun, saat ritmenya rendah peserta dance akan terlihat tenang. Namun pada saat ritmenya kencang, orang tersebut akan dance seheboh-hebohnya (bahkan ada goyangan heboh seperti kerasukan).

3. Watch Me (Whip / Nae Nae)
Gerakan lincah penyanyi Silento dalam lagu yang berjudul Wath Me (Whip / Nae Nae) mampu menarik netizen untuk mengikuti gerakannya. Lagu ini mampu mengangkat penyanyinya menjadi selebriti dunia.
Watch Me, sumber: www.hiphop.com
Lagu ini dipopulerkan pada tahun 2015 yang diunggah ke Youtube dengan response positif yaitu mencapai 250 juta kali penayangan. Tidak dapat dipungkiri oleh Silento kesuksesan lagu ini adalah disebabkan viral gerakan dancernya.

4. PPAP
Dance PPAP (Pen Pineapple Apple Pen) yang dipoulerkan oleh pelawak Jepang Daimaou Kosaka pada tahun 2016. PPAP ini termasuk lagu yang paling singkat durasinya. Dinyanyikan denagn musik yang ngebit dengan gerakan yang lucu, orang-orang yang melihatnya akan terbawa untuk bergoyang.
Daimaou Kosaka, sumber: www.youtube.com
PPAP sebetulnya bukanlah challenge melainkan hanya dance yang viral di dunia entertainment. Seperti halnya Psy, tingkat popularitas dari PPEP dan penyanyinya pun sampai saat ini mengalami trend penurunan.

5. Mannequin Challenge
Mannequin Challenge merupakan tarian yang kaku untuk beberapa saat, challenge ini pertama kali di publikasikan oleh penyanyi hip-hop Rae Sremmurd dalam lagu Black Beatles pada tahun 2016. Challenge ini menjadi viral sejak dilakukan oleh anak-anak Ed White School di Jacksonville Florida Amerika Serikat.
Mannequin Challenge, sumber: www.businessinsider.com
Challenge ini merekam situasi orang-orang yang kaku kemudian direkam dari berbagai posisi. Para peserta yang mengikuti challenge ini jangan bergerak sampai dengan waktu yang ditentukan. Video yang beredar di Youtube menjadi viral dan banyak yang mengikuti challenge dari berbagai mancanegara dan lapisan masyarakat.

6. Fortnite Dance
Fortnite Dance berawal dari game online yang populer di kalangan para pecinta game. Aktor yang membuat viral dance ini adalah pemain bola Inggris Jesse Lingard. Gerakan tarian ini unik yaitu dengan menggerakan tangan ke kanan dan kekiri. Gerakan ini dikenal dengan nama Shoot.
Dele Ali, sumber: www.twitter.com
Dance ini semakin viral setelah diendorse oleh rapper Amerika Blocoboy JB pada tahun 2017. Dance semakin populer setelah masuk ke dalam Piala Dunia 2018 yang dipopulerkan oleh Dele Ali dan Antonie Grizmann. Dance ini dapat dijadikan sebagai aksi selebrasi ataupun untuk mengejak lawan.

7. Keke Challenge
Keke challenge berawal dari penuncuran lagu "In My Feelings" dari Drake. Orang yang mempopulerkan challenge ini adalah bintang instagram Shiggy, yang mengekspresikan dirinya dengan menggunakan tangan yang bernetuk hati saat menyanyikan "Are you riding?" sambil bernyanyi "Keke, do you love me".
Shiggy, sumber: liputan6.com
Setelah viral di instagram banyak pelaku Selebgram dan Youtuber yang mengikuti jejak yang sama bahkan membuat pelesetannya. Saking viralnya banyak video yang memperlihatkan pelaku challenge ini kecelakaan karena tidak memperhatikan keselamatan.

Sumber tulisan: www.garislengkung.com

Post a Comment for "Tarian Yang Paling Populer di Kalangan Masyarakat"

Berlangganan