Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1439H

Marhaban ya Ramadhan, selamat datang Bulan Suci Ramadhan kami menyambutnya dengan ikhlas, senang, dan lapang dada. Indonesia dan Palestina harus berduka sebelum bulan suci tiba. Di sini teror bom melanda, di sana penjajah merajalela semuanya menimbulkan korban jiwa. Kita tentunya sangat berduka untuk saudara kita yang ada di Indonesia dan di Palestina. Kita mengutuk setiap tindakan yang merugikan keselamatan jiwa mereka.  Doa terbaik bagi mereka yang menjadi korban, semoga mendapatkan tempat di sisiNya.

Tetaplah melangkah sesuai sesuai dengan tujuan agama kita, jangan takut kapan ajal akan menyapa karena satu persatu bekal kita persiapkan pada hari ini saat sedang berpuasa. Manusia hanya berencana, Tuhanlah yang menentukan. Hidup - mati, bahagia - sedih, selamat - celaka, ini merupakan sebuah skenarion Tuhan tahap demi tahap untuk membenarkan apa yang ada di dalam Al-Quran. 

sumber: http://happyramadankareem.com

Mulai hari ini kita sedang membangun kerangka agama dengan berpuasa. Tidak hanya menahan lapar dan haus fisik melainkan secara psikis/psikologis. Kita patut berbahagia menyambut bulan suci ini, karena dibalik lapar dan haus tersebut banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan. 

Puasa melatih keimanan dan kesabaran. Tidak seperti hari biasa kita harus bangun lebih awal, menyiapkan makanan, berjamaah di mesjid, menjalankan amalan-amalan sunat, banyak bersedekah, menghindari hal-hal mubadzir, menghindari zinah dan perbuatan negatif. Semuanya perlu pengorbanan dan dijalankan dengan penuh kesabaran. 

Puasa membentuk tubuh yang sehat. Pola makan, bekerja, istirahat menjadi lebih teratur. Tubuh kita akan semakin sehat, metabolisme tubuh akan semakin lancar. Pola hidup sehat tersebut memberikan dampak fositif terhadap: jantung lebih sehat, meningkatkan kinerja otak, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar pencernaan, dan menurunkan adrenalin.

Puasa membentuk seseorang lebih peduli terhadap sesama. Di dalam rizki kita yang nisab ada hak orang lain, saatnya dibersihkan dengan zakat fitrah. Zakat ini diberikan kepada mereka yang layak mendapatkannya, inilah bentuk kepedulian kita kepada orang lain agar bersama-sama menikmati rizki yang diberikan oleh Allah SWT.

Puasa membentuk seseorang lebih sederhana. Dampak psikis/psikologis dari puasa adalah menghindari perbuatan ria, sombong, angkuh, dengki, dan hal-hal yang dapat merugikan orang lain. Puasa tidak mengharapkan sesuatu dari orang lain melainkan hanya dari Allah SWT. 

Puasa menjembatani seseorang untuk bersilaturahmi. Meminta maaf kepada seseorang kapanpun dan dimanapun dapat dilakukan, namun moment terbaik apada bulan ini adalah Hari Raya Idul Fitri. Saatnya kita berkumpul dengan seluruh keluarga dan tetangga, kita saling bersilaturahmi dan saling memaafkan. Semoga dengan ritual ini Allah SWT menghapus khilaf dan dosa yang telah kita perbuat. 

Selamat menjalankan ibadah puasa semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Post a Comment for "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1439H"

Berlangganan