Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Muslim Harus Menjadi Selebriti Dunia

Di era digial saat ini kita sangat mudah mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Internet dan gadget menjadi jembatan untuk menghubungkan informasi tersebut dengan kita. 

Berbagai jenis informasi dapat kita akses, apakah hal-hal positif maupun negatif. Hal ini sangat ditentukan oleh mereka yang menggunakan dan regulasi yang berlaku di negara tersebut. Sangat mudah sekali untuk menjadi viral sesuatu yang kita upload ke dunia maya. 

Setiap orang bisa melakukan endorsement untuk menjadi viral atas apa yang ia dapatkan. Hal ini sangat bermanfaat apabila digunakan untuk hal-hal yang positif.

Sosial media yang saat ini kita gunakan dapat dijadikan alat untuk Dakwah, atau mengajak orang-orang kepada kebaikan. Bisa dibayangkan akan menjadi luar biasa apabila yang melakukannya oleh orang-orang hebat sekaliber dunia. 

Orang hebat yang penulis maksud adalah “selebriti dunia”, selebriti disini bukanlah sebatas artis melainkan setiap orang yang memiliki profesi namun dapat dikenal oleh masyarakat banyak. 

Sebagai contoh ulama, olahragawan, artis, pengusaha, politikus, pelaku seni dan lain-lain yang memiliki pengikut banyak. Posisi selebiti ini menjadi KOL (Key Oppinion Leader) yang dapat mengendorse orang-orang ke arah kebaikan.

Mohamed Salah, sumber: www.google.com

Penulis merasa senang melihat permainan Liverpool dengan Sang Bintang Mohamed Salah, setiap kali mencetak gol Dia bersujud syukur atas kemenangan yang diberikan Alloh SWT. 

Selain Salah penulis juga melihat permainan UFC, atlete yang saya kagumi adalah Khabib Nurmagomedov. Setiap sesi foto dengan penantangnya Dia tidak sesumbar, hanya mengacungkan tangannya ke atas menandakan setiap tindakan hanya karena kehendakNya. 

Setiap Khabib menang yang Ia lakukan adalah bersujud syukur atas kemenangannya, seperti halnya Salah.

Tindakan ini merupakan suatu endorsement, suatu kampanye yang luar biasa yang dapat di liat dan diikuti oleh seluruh dunia. Ini merupakan salah satu peluang “Berdakwah” kepada seluruh penonton dan penggemarnya di dunia. 

Dari 2 orang ini saja berapa banyak orang yang bisa melihat? Berapa banyak orang yang telah kagum dengan etika Islam? Berapa banyak orang yang tertarik dengan Islam? Tentunya banyak orang yang melihat dan mengikuti karena mudahnya akses teknologi dan informasi. 

Khabib Nurmagomedov, sumber: www.ufc.com

Semakin banyak orang Islam yang terjun ke dunia “Selebriti” maka akan semakin efektif dakwah mereka melalui sosial media saat ini. 

Orang Islam yang semakin banyak berprestasi di dunia olahraga, pengusaha, politik, pelaku seni yang berani menunjukan Etika Islam kepada seluruh masyarakat penjuru dunia maka akan semakin maju dunia Islam. 

Jangan menganggap dakwah itu hanya dari jalur agama (menjadi ustad saja), melainkan dapat dilakukan dari berbagai aspek kehidupan. 

Jangan gengsi dan takut disetiap profesi kita menunjukan Etika Islam, lakukan, abadikan dengan teknologi dan sosial media saat ini, biarkan dunia mengetahui hal-hal positif kita.

Jangan menganggap hal tersebut adalah tindakan ria, ini merupakan dakwah yang dapat dilihat oleh seluruh lapisan masyarakat bahkan yang bukan orang Islam. 

Saat ini memang sangat sulit membedakan mana yang betul-betul berdakwah dan mana yang ria. Hal ini tergantung kepada niat orang yang melakukan tindakan dan persepsi orang yang melihatnya. 

Selama itu positif dan membawa kebaikan kepada Umat Islam, menurut penulis lakukan —- lakukan biar semua orang mengetahuinya dan melakukan hal-hal positif tersebut. Ini zamannya untuk melakukan tindakan positif yang viral.

Orang Islam yang melakukan tindakan positif dan viral saat ini jumlahnya sangat sedikit apabila dibandingkan dengan mereka yang non-muslim. 

Setelah melihat kondisi seperti di atas penulis mengajak kepada seluruh umat Islam untuk menciptakan prestasi sesuai dengan profesinya masing-masing dan lakukan tindak yang menjadi viral sehingga menjadi alat dakwah kepada seluruh masyarakat di penjuru dunia. 

Penulis rindu akan banyaknya Salah berikutnya, penulis rindu banyaknya Khabib berikutnya, penulis rindu banyaknya Alm. Muhammad Ali berikutnya, penulis rindu banyaknya Erdogan berikutnya untuk melakukan dakwah Islam secara viral.

Mari Umat Muslim seluruh Indonesia menjadi “Selebriti” untuk melakukan hal positif yang viral sebagai sarana Dakwah Islamiah. Terimakasih kepada Timnas Sepakbola Indonesia yang telah melakukan ritual selebrasi secara Islami. 

Semoga Alloh SWT meridoi usaha kita semua, Aamiin.

Post a Comment for "Muslim Harus Menjadi Selebriti Dunia"

Berlangganan