Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Orang Lain Untuk Mencapai Tujuan

Secara tidak formal setiap individu adalah pemimpin, minimalnya untuk dirinya sendiri, keluarga, atau lingkungannya. Secara formal yang dikatakan pemimpin adalah mereka yang telah disahkan oleh peraturan atau undang-undang dan telah diakui keabsahannya oleh organisasi dan lingkungannya.  Pemimpin tersebut bertugas untuk membimbing dan mengarahkan individu atau organisasi untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan.

Setiap pemimpin untuk membawa kapal yang dinahkodainya tentunya harus memiliki arah dan tujuan yang jelas. Seorang pemimpin (Leader) harus memberikan arahan yang jelas, dapat membimbing, dan melakukan perbaikan dalam setiap langkah yang telah dilaluinya. Mereka yang dipimpin focus untuk mewujudkan tujuan bersama, setiap individu berperan berdasarkan potensi dan spesifikasi masing-masing saling mengisi untuk mencapai tujuan tersebut.
Manajerial organisasi
Untuk menjadi Leader yang baik tidaklah mudah, mereka tercipta dari suatu proses yang telah melewati berbagai tahap dan proses kehidupan. Salah satu cara efektif seorang Leader untuk memimpin teamnya menuju tujuan dengan baik adalah terlebih dahulu mereka percaya dan meyakini bahwa teamnya mampu melakukan tugas yang diberikan.

Menurut John C. Maxwell (Pakar Leadership) seorang Leader yang baik, harus memahami orang yang dipimpinnya sebagai berikut: 
  • Setiap orang merasa diri mereka istimewa, jadi hargai mereka dengan tulus.
  • Mereka menginginkan masa depan yang lebih baik, maka tunjukan harapan pada mereka.
  • Mereka mendambakan arahan, maka tuntunlah mereka kepada tujuan yang diinginkan.
  • Mereka sangat mementingkan diri mereka sendiri, maka pertama-tama berbicaralah soal kebutuhan mereka.
  • Secara emosional mereka sangat mudah terpuruk, jadi merikanlah dorongan pada mereka.
  • Mereka menginginkan kesuksesan, jadi bantulah mereka agar mencapai keberhasilan.
Untuk memahami individu yang dipimpinnya, Leader tidak dapat membuat formula standard (cara yang sama) dalam memberikan arahan. Hal ini berkaitan dengan 6 point di atas, Leader tentunya harus melakukan secara bertahap (step by step, case by case), apa yang betul-betul dirasakan dan potensi apa yang dimiliki oleh individu yang bersangkutan.

Berawal dari pemahaman kita terhadap mereka, tempatkan mereka pada posisi yang tepat, komunikasikan dengan bahasa yang tepat, jembatani harapan mereka. Melalui cara tersebut tujuan akan mudah dicapai, karena individu yang dipimpinnya akan mengeluarkan seluruh potensi yang dimilikinya untuk mencapai tujuan bersama.

Post a Comment for "Memahami Orang Lain Untuk Mencapai Tujuan"

Berlangganan