Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2017: Inilah Cita-Citaku

Tanggal 1 Januari 2017 baru saja Kita lewati bersama-sama, setiap orang tentunya memiliki harapan yang berbeda namun pada intinya terwakili dengan dua kata yaitu "Lebih Baik". "Lebih Baik" dalam semua urusan tentunya, caranya dikembalikan kepada individu masing-masing.
Saya sendiri punya harapan besar di tahun 2017 ini agar dapat "Lebih Baik" lagi, seperti apa lebih baiknya? Sesuai dengan keyakinan saya tentunya yaitu menjadi manusia yang bertakwa. Walaupun masih jauh dan panjang (Kalau Allah AWT memberikan umur panjang ya), tapi ini adalah tujuan dan cita-cita yang sesungguhnya. Apa sih takwa itu?

Takwa (Taqwa) berasal dari kata waqa-yaqi-wiqayah yang artinya memelihara. "memelihara diri dalam menjalani hidup sesuai tuntunan/petunjuk Allah SWT". Ciri-ciri orang bertakwa menurut Syamsul Rijal Hamid, dirangkum dalam 6 point penting sebagai berikut:
  • Menegakan keadilan, "Wahai orang-orang yang beriman jadilah kamu penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi berbuatlah adil. Dan janganlah kebencian mu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil". (QS. Al-Maidah [5]: 8).
  • Menepati janji, "Sebenarnya barang siapa menepati janji dan bertakwa, maka sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bertakwa." (QS. Ali Imron [3]: 76). "Wahai orang-orang yang beriman penuhilah janji-janji." (QS. Al-Maidah [5]: 1).
  • Pemaaf, "Tetapi barang siapa bersabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan mulia." (QS. Asy-Syura [42]: 43).
  • Ikhlas mencari ridha Allah SWT, "Dan mereka memberikan makanan yang disukainya terhadap orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan (sambil berkata). "Sungguh kami memberi makanan kepadamu hanyalah mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak mengharap balasan dan terima kasih dari kamu." (QS. Al-Insan [76]: 8-9).
  • Tidak takut dan tidak pula dukacita dalam menjalani hidup yang berubah-rubah, "Ingatlah wali-wali Allah itu, tidak ada rasa takut pada mereka, dan mereka tidak bersedih hati (yaitu) orang-orang yang beriman dan bertakwa." (QS. Yunus [10]: 62-63).
  • Sabar, yakni tetap tabah tetapi tetap berusaha mengatasi segala masalah yang dihadapinya tanpa berputus asa. "Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (diperbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung." (QS. Ali Imron [3]: 200).

Semoga apa yang dicita-citakan di 2017 ini dapat tercapai dengan baik. Jikalau Allah SWT berkehendak lain, semoga saya dan keluarga saya tetap dalam keadaan Iman dan Islam. Aamiin.

Post a Comment for "2017: Inilah Cita-Citaku"

Berlangganan