Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memaknai Hari Anak Nasional

Tanggal 23 Juli diperingati sebagai hari Anak Nasional. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisifasi berbagai kalangan terhadap situasi dan kondisi anak-anak Indonesia.

Masa anak-anak merupakan masa yang sangat indah dan mengesankan. Tapi tidak semua anak Indonesia merasakan bahwa usia anak-anak ini masa yang indah dan mengesankan. 

Sebagian dari mereka justru masa anak-anak ini menjadi masa yang sangat pahit bahkan menyedihkan.

Tidak sedikit anak-anak Indonesia seharusnya duduk di bangku sekolah, tetapi mereka harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya karena mereka berada di bawah garis kemiskinan.

Hari Anak Nasional

Indonesia belum mampu melindungi anak-anak dengan peraturan dan tindakan real. Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ini bukan hanya dijadikan sebagai seremonial semata tetapi membutuhkan partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat agar masa depan anak-anak Indonesia bisa lebih baik lagi.

Salah satu kasus anak-anak yang memprihatinkan yaitu beberapa hari yang lalu ditangkap anak-anak yang sedang berjudi di luar Bandara Soekarno-Hatta. Mereka ditangkap oleh petugas yang berwenang kemudian mereka didakwa dengan hukuman 20 tahun penjara.

Kasus ini tragis sekali, permasalahan mereka memang melanggar norma tetapi kasus hukumannya sangat luar biasa. Mereka adalah anak-anak yang seharusnya duduk di bangku sekolah, tetapi apabila dakwaan ini terealisasi sungguh sangat berat dan tragis. 

Sekolah saja susah, masa depan mereka belum jelas, mau jadi apa apabila mereka hari-harinya dihabiskan di balik jeruji besi (penjara)?

Untuk mendapatkan generasi bangsa yang berkualitas, hal ini ditentukan oleh masa kecil (anak-anak). Usia anak-anak ini berbagai potensi dapat dikembangkan secara optimal. Penanaman ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, etika, moral dan sebagainya akan tertanam dengan baik pada masa ini. 

Untuk mendapatkan generasi yang lebih baik lagi maka kita harus lebih peduli terhadap kondisi anak-anak Indonesia.

Post a Comment for "Memaknai Hari Anak Nasional"

Berlangganan